23 Des 2011

Melindungi Sumber Daya Air dari Rumah Sendiri



Memotong Paralon  bekas buat pot  tanaman

Memindahkan tanaman ke dalam pot yg terbuat dari paralon bekas


Taman kecil di halaman rumah

Keseimbangan ekosistem  dan sumber daya alami di Bumi,saat ini  pada tingkat mengkhawatirkanSalah satu sumber daya alam yang paling mengkhawatirkan keadaannya  adalah ketersediaan air bersih. Manusia,sebagai penghuni paling beradab di Bumi telah mengeksploitasi sumber daya air ,tapi  hanya sedikit orang  yang benar-benar peduli untuk kelestarian air di  masa depan. Padahal air adalah sumber vital untuk kehidupan,tanpa air tidak akan ada kehidupan. 
Menurut pernyataan Gubernur DKI Jakarta,sekitar 90 % air tanah di Jakarta sudah tercemar bakteri E-coli.Hal ini tentu sangat menakutkan.

Kita sebagai penduduk Bumi,tentu tidak harus menunggu program pemerintah untuk melestarikan sumber daya air bersih,kalau sumber air bersih sudah rusak semuanya,tentu kita juga yang akan menjadi korbannya. Jadi kita bisa memulai melestarikan sumber daya air dari rumah sendiri.

Membuat Taman Kecil di Halaman  Rumah
Mulailah membuat sebuah taman kecil di halaman rumah anda. Taman ini akan menjadi daerah resapan air tanah. Tanaman lokal akan tumbuh baik di taman kecil anda tanpa bantuan bahan kimiajadi hindari menggunakan pupuk kimia Mulailah menggunakan bahan daur ulang di taman  kita. Botol plastik bekas pakai atau paralon bekas  dapat digunakan sebagai pot mini.

Hemat Air
Mematikan keran saat menyikat gigi  di wastafel dapat menghemat  hingga empat liter air  per menit,jadi gunakanlah air di gayung atau cangkir saat kita menggosok gigidi wastafel rumah. Sementara itu mematikan shower saat kita sedang  shampoan  dapat menghemat hingga 50 liter  air seminggu. 
Hemat Air dimulai dari wastafel rumah kita sendiri

Untuk memulai melestarikan sumber daya air,mulailah  dengan cara sederhana di rumah kita sendiri. Jangan hanya beropini saja mengecam rusaknya sumber daya air di Bumi ,tapi mulailah menjaga kelestarian sumber daya air di  Bumi dimulai dari rumah kita sendiri.




8 komentar:

  1. Keren nih action nya nyata banget Yos, patut dicontoh nih :)

    BalasHapus
  2. Thanx buat apresiasinya mbak Anny

    BalasHapus
  3. Air sumber kehidupan.sudah sepanasnya kita menjaga dengan baik.

    BalasHapus
  4. wah nice info gan. jangan lupa mampir ya http://pirlyyyy-dot-com.blogspot.com/2012/01/sewa-ruang-kantor-jakarta-murah.html

    BalasHapus
  5. Semoga semakin banyak orang atau pun warga DKI yang menyadari hal seperti ini Sobb. Salam
    kenal.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  6. air adalah foktor penting dalam kelangsungan hidup makhluk bumi,kalo sampe abis mo nyari dimana lagi, trus kasian tukang air ledeng gak ada pemasukan, ya gak ;)

    BalasHapus
  7. cara kyk gini bagus nih, tapi menanamnya lebih baik ditanah bukan didalam pot gan..

    salam blogwalking

    BalasHapus